Berita Terbaru
Loading...
25 August, 2015

WORKSHOP PENGUATAN PEMBINAAN MANAJEMEN PUSKESMAS KABUPATEN/KOTA TAHUN 2015



Bidang UPK (Upaya Pelayanan Kesehatan) Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara, melalui Seksi Upaya Pelayanan Kesehatan Dasar, melaksanakan kegiatan Workshop Penguatan Pembinaan Manajemen Puskesmas Kabupaten/kota di hotel Sahid, Teling Manado mulai tanggal 24 sampai dengan tanggal 26 Agustus 2015.
Kegiatan yang bertujuan terbentuknya Tim Pembina Puskesmas di kabupaten/kota ini, dihadiri oleh beberapa Dinas Kesehatan kabupeten/kota yang terundang serta beberapa sektor terkait seperti BKD provinsi dan kabupten/kota, Bapeda Prov dan Kab/kota serta beberapa bidang lain di lingkungan Dinas Kesehatan.
Rencananya kegiatan ini akan menghadirkan narasumber dari pusat namun karena beberapa kendala, sehingga narasumber pusat tidak bisa menghadiri. Kegiatan  dilaksanakan dengan mendengarkan pengarahan serta materi dari Penanggung jawab program  yakni Kepala Bidang UPK ; dr Lidia Tulus serta Kepala seksi PKD :  dr Billy Mamanua.
selain mendengarkan materi dari narasumber Provinsi, dilanjutkan pula dengan diskusi kelompok yang menghasilkan RTL (Rencana Tindak Lanjut)  yang merupakan komitnmen masing2 kabupaten/kota dalam menindaklanjuti  tujuan workshop ini.  RTL itu berisi rencana kerja dari kabupaten
/kota sampai  terbentuknya Tim Pembina Puskesmas, demikian yang dipresentasikan oleh salah satu wakil Dinas Kesehatan Kab/kota yakni dari Dinkes Kota Manado. 
Tim Pembina Puskesmas ini akan dibuat SK dan ditandatangani oleh Kepala Dinas Kesehatan, dengan menggunakan format SK yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan. 
"Tim Pembina Puskesmas" adalah tim yang dibentuk oleh kabupaten/kota yang berfungsi memberikan pembinaan secara terpadu  ke semua puskesmas di kab/kotanya dalam rangka  mempersiapkan diri menjadi Puskesmas yang terstandarisasi,  sehingga pada tahun 2019 nanti di akhir RPJMN III semua Puskesmas sudah terakreditasi dan otomatis pelayanan Puskesmas semakin maju sesuai standar dengan paradigma baru yakni lebih menekankan pada upaya preventif dan promotif. demi  terwujudnya Indonesia Sehat yang mandiri dan berkeadilan.


0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Copyright © 2013 Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara All Right Reserved by datalinkDigital