Berita Terbaru
Loading...
28 September, 2015

PERTEMUAN KOORDINASI TINGKAT PROVINSI BOK TAHUN 2015


Hari Jumat dan Sabtu tanggal 25-26 September 2015 yang lalu digunakan oleh Bidang UPK dan Bidang Kesga dan Gisi menggelar acara pertemuan Koordinasi Tingkat Provinsi Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) di hotel Sahid Teling Manado. kegiatan yang di dalamnya mengevaluasi capaian pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Utara, menghadirkan semua pengelola BOK dari ke 15 kabupaten kota serta beberapa bidang lain yang terkait dengan pelakasanaan SPM tersebut.

Pertemuan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Prov Sulut dr Jemmy Lampus yang sekaligus memberi pengarahan kepada semua peserta pertemuan. 
Dalam sambutannya dr Jemmy mengatakan bahwa, mengevaluasi kinerja pelayanan bidang kesehatan khususnya menyangkut target 
yang terdapat dalam MDGs, Provinsi Sulut harus terus meningkatkan kwalitas pelayanan kesehatan yang ada. Tahun ini MDGS akan berakhir, dan akan dilanjutkan dengan SDGs, namun target yang ditetapkan masih juga banyak yang belum  kita capai. termasuk di dalamnya Angka Kematian Ibu, angka kematian anak, meningkatnya jumlah penderita HIV/AIDS. 
Bantuan operasional kesehatan (BOK) ini diharapkan dapat mendorong kwalitas kerja tenaga kesehatan dalam meningkatkan pelayanannya, demi mendukung semua program kesehatan yang ada. Oleh karena itu dr.  Jemmuy mengharapkan agar dana BOK ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik2nya sesuai dengan peruntukannya, jika realisasinya masih kurang, sebaiknya dicarikan jalan keluar agar dana dapat terserap sesuai peruntukannya dan jangan sampai tumpang tindih dengan bantuan dana lainnya termasuk dana Kapitasi. Semua pendanaan harus diperhatikan dengan seksama, berjalan beriringan menopang program pelayanan kesehatan yang dibutuhkan. Jika pada akhirnya dana BOK tidak terserap semuanya, maka akan dialihkan kepada Puskesmas yang lebih membutuhkan. 
dr Lidya Tulus selaku Kepala Bidang Upaya Pelayanan Kesehatan (UPK) dalam paparan materinya menyampaikan bahwa pelayanan kesehatan di Puskesmas, sudah akan diawasi langsung oleh kementerian kesehatan, di mana kedatangan mereka tanpa pemberitahuan, dalam rangka sidak pelayanan puskesmas. Oleh karena itu Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan harus terus berbenah diri dan meningkatkan kwalitas pelayanannya, seiring juga dengan tuntutan Akreditasi Puskesmas. Ditambahkannya pula bahwa sesuai dengan aturan baru bahwa akan dibentuk tim pembina Puskesmas yang berfungsi memantau dan membina pelayanan yang ada di puskesmas berbarengan dengan penggunaan dana kesehatan yang ada termasuk dana BOK, dana kapitasi serta dana lainnya yang dikelola oleh Puskesmas.
Dalam kesempatan yang sama, dr Deybi Kalalo selaku Kapala Bidang Kesga dan Gizi memaparkan tentang perkembangan pelayanan kesehatan termasuk data2 indikator kesehatan serta solusi terhadap permasalahan pelayanan yang ada. Dr Deybi mengatakan bahwa laporan realisasi anggaran BOK tidak boleh tidak sesuai dengan pelaksanaan SPM di semua Puskesmas dan waktu yang tersisia tinggal beberapa bulan untuk terus berpacu melaksanakan program yang ada, sehingga para pengelola BOK sudah harus membuat tools demi percepatan penyerapan dana BOK yang ada. Ditambahkannya juga bahwa masih ada satu kali pertemuan yang akan membahas perkembangan pelaksanaan BOK, semoga dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas, pelaksanaan SPM semakin mengalami kemajuan dengan menggunakan dana BOK yang ada.  Hasil evaluasi pelaksanaan SPM dan BOK akan disampaikan sebagai umpan balik ke kabupeten/kota.
Pertemuan ini, memberi kesempatan kepada semua perserta dari kabupaten/kota yang hadir,  mempresentasikan semua capaian SPM dan realisasi penyerapan dana BOK
serta kendala yang mereka hadapi tapi juga jalan keluar yang telah dilakukan. Dengan demikian, mereka dapat saling berdiskusi mencari solusi bagi pelaksanaan SPM di masing2 puskesmas.




By : tfs

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Copyright © 2013 Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara All Right Reserved by datalinkDigital