Berita Terbaru
Loading...
09 October, 2015

PROV SULUT MERAIH RANKING 1 KETERISIAN DATA KOMDAT PER SEPTEMBER 2015

Prestasi baru lagi buat Dinas Kesehatan Prov. Sulut, di mana  Kementerian Kesehatan dalam hal ini Pusat Data dan Informasi Kesehatan memberi penghargaan kepada Dinkes Prov Sulut atas keterisian data kesehatan di aplikasi Komdat (Komunikasi Data) periode September 2015. 
Prov. Sulut mendapat ranking 1 dari 34 provinsi. 


Adapun kesuksesan ini adalah merupakan kontribusi dari semua pengelola data dari kabupeten/kota seprov. Sulut, karena data komdat dientri langsung dari kabupeten/kota dan diverifikasi di Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dalam hal ini oleh Seksi Data dan Sistem Informasi Kesehatan UPTD Balai Data, Surveilans dan SIK. 
Dengan adanya prestasi ini, Kepala Balai Data, surveilans dan SIK: dr Kartika Devi Tanos serta crue Seksi Data dan SIK menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pengelola SIK kabupaten/Kota se provinsi Sulut yang bisa menunjukkan kemampuannya dalam mengumpulkan data dan mengemas serta mengentri data dalam aplikasi Komdat,  dengan terus berharap, kinerja yang ada agar dapat dipertahankan bahkan jika sebisa mungkin dapat ditingkatkan. Ditambahkannnya bahwa setiap prestasi dari pengelola SIK  kab/kota terbaik  akan diupayakan pemberian reward dan akan diberikan pada pelaksanaan Hari Kesehatan Nasional Tingkat Prov Sulut bulan November nanti.
Memang tantangan besar  yang dihadapi oleh Prov Sulut adalah kendala jaringan , sementara aplikasi komdat ini menggunakan jaringan VPN (Virtual Private Network). Fasilitas VPN ini sepenuhnya di berikan oleh Pusdatin Kemenkes dalam rangka menciptakan  sistem informasi kesehatan yang berbasis elektronik bukan saja sampai di tgkt provinsi namun menjangkau sampai ke kebupaten/kota di seluruh Indonesia, bahkan ke depan nanti diharapkan sistem ini dapat menjangka sampai ke tingkat Puskesmas.
sangat disadari pentingnya data dan informasi kesehatan dalam rangka pengambilan keputusan yang adekwat, sehingga pihak Kemenkes dalam hal ini Pusdatin membuat terobosan2 yang tujuannya adalah untuk mendukung program pembangunan kesehatan yang lebih terukur.
Tentunya sangat  diharapkan peran serta masyarakat serta pemerintah daerah dalam menunjang sistem kesehatan khususnya sistem jaringan informasi kesehatan, sehingga sistem informasi kesehatan dapat terus ditingkatkan.

tfs

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Copyright © 2013 Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara All Right Reserved by datalinkDigital