Berita Terbaru
Loading...
29 October, 2015

RAPAT VALIDASI DATA TAHAP III DINKES PROVINSI SULUT TAHUN 2015

  UPTD Balai Data Surveilans dan Sistem Informasi Kesehatan Dinkes Prov. Sulut kembali menggelar acara rapat Validasi Data yang memasukui tahap III, setelah dua tahap sebelumnya telah dilaksanakan pada Triwulan Pertama dan kedua.
Rapat validasi data dilaksanakan dalam rangka memperoleh data kesehatan dari seluruh kabupeten/kota melalui pengelola program kesehatan di masing-masing bidang dan memberi pemahaman akan pentingnya data terintegrasi atau data melalui "satu pintu" di mana semua data kesehatan dari setiap pengelola program di setiap bidang  hendaknya dimasukkan ke UPTD Balai Data sebagai Bank Data Tgkt Provinsi, sehingga setiap masyarakat atau institusi yang membutuhkan data kesehatan, dapat mengaksesnya dari UPTD Balai Data sebagai pemegang tupoksi.

Problematika data yang dialami sampai kini adalah adanya dualisme data di mana data dari kabupeten/kota berbeda dengan data yang berasal dari pengelola program di Dinas kesehatan, selain itu tidak semua data kesehatan yang diperlukan tersedia. untuk itu rapat validasi data dilaksanakan dalam rangka memperoleh data yang tepat, valid dan akurat sesuai dengan kebutuhan pemeritah bahkan masyarakat.
Rapat validasi data tahap III ini dilaksanakan tiga hari, dengan mengundang para pengelola program di setiap bidang terkait semua data kesehatan yang ada. Kegiatan rapat di hari pertama telah dibuka oleh kepala seksi Data dan SIK : Tinny F Sambeka, SKM MARS, mewakili Kepala UPTD Balai Data yang kebetulan berhalangan. Selanjutnya ada sedikit sosialisasi dari Staff BPS Sulut tentang kebutuhan data kesehatan bagi BPS dalam rangka membuat buku "Sulut Dalam Angka" serta pentingnya data bagi masyarakat. Kegiatan dilanjutkan dengan desk/verifikasi data bagi program yang telah siap dengan data yang ada, diantaranya  dari program imunisasi, program TB, bidang kepegawaian, seksi surveilans dan seksi farmasi.
Dari rapat validasi data ini, Kepala UPTD BDSSIK : dr Devi Tanos berharap akan dapat diperoleh data yang tepat, valid dan akurat yang dapat dikonsumsi oleh siapa saja yang memerlukan.


0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Copyright © 2013 Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara All Right Reserved by datalinkDigital