Berita Terbaru
Loading...

Terbaru

29 January, 2015
SULUT WASPADA DEMAM BERDARAH

SULUT WASPADA DEMAM BERDARAH

SULUT WASPADA DEMAM BERDARAH

Memasuki awal tahun 2015, Prov Sulut waspada terhadap banjir dan tanah longsor sebagai akibat hujan seperti peristiwa tanggal 15 Januari 2014, tahun lalu. Namun, Prov. Sulut bersyukur karena peristiwa itu tidak terulang sampai saat ini.  Efek lain dari musim hujan adalah meningkatnya angka penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue). Sejak minggu ke-2 bulan Januari 2015 terjadi peningkatan kasus DBD di beberapa kab/kota di Sulut secara signifikan. Pada hari Rabu  tanggal 28 Januari 2015 pukul 13.00, Kepala Dinas Kesehatan menyatakan status Untuk Prov. Sulut  " KLB (Kejadian Luar Biasa) DBD" sesuai dengan Permenkes RI Nomor 1501/Menkes/ PER/X/2010 tentang penetapan KLB. Adapun  kasus DBD per 28 Januari 2015 sebesar 261 kasus dengan 3 orang meninggal.  
Dari 15 kabupaten/kota di Prov Sulut, ada  9 kab/kota yang dinyatakan KLB DBD,  yakni : Kota Manado, Kab. Minahada Utara, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kep. Sitaro, kab. Bolmong , kab. Boltim, Kab, MinSel dan Minahasa. 

Dinas Kesehatan Prov Sulut di bawah pimpinan Ibu Kepala Dinas Keehatan Prov Sulut, Ibu dr Grace. L. Punuh, MKes, bersama dengan TGC (Tim Gerak Cepat)nya telah melakukan  upaya  upaya pencegahan terhadap penyakit DBD ini dengan berbagai kegiatan, seperti : mengirimkan surat peringatan kewaspadaan dini ke kab/kota pada tanggal 5 Desember 2014; melaksanakan surveilans aktif ke rumah sakit rumah sakit ; melakukan penyuluhan kepada masyarakat ; melakukan pemetaan kasus ; melakukan koordinas dengan dinkes kab/kota serta  pendistribusian  bubuk abate  sebanyak 256 kg. sedangkan  upaya penanggulangan  adalah : melakukan penyelidikan Epidemiologi (PE), melakukan abatisasi dan melakukan foging.
Dr. Grace Punuh menghimbau kepada seluruh masyarakat prov Sulut untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit, khususnya DBD, serta  berperan aktif dalam upaya pencegahan dan penangulangan penyakit khususnya DBD dengan tetap berprilaku hidup sehat dan bersih dengan melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) serta 3M + ( menguras, mengubur dan membersihkan) serta tindakan lain berupa abatisasi dan fogging.











Copyright © 2013 Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara All Right Reserved by datalinkDigital