Berita Terbaru
Loading...

Terbaru

30 March, 2015
RAPAT VALIDASI DATA PROFIL KESEHATAN  LINTAS PROGRAM DI BALAI DATA, SURVEILANS DAN SIK

RAPAT VALIDASI DATA PROFIL KESEHATAN LINTAS PROGRAM DI BALAI DATA, SURVEILANS DAN SIK


Dalam rangka memperoleh data kesehatan  bulanan, triwulan  dan tahunan yang telah tervalidasi agar dapat menghasilkan profil kesehatan Sulut yang baik serta mengetahui permasalahan apa yang dialami oleh petugas pengelola data dan SIK di lingkungan Dinas Kesehatan Prov Sulut, maka Balai Data, Surveilans dan SIK (BDSSIK) dalam hal ini seksi yang secara teknis menangani data dan Sistem Informasi Kesehatan menyelenggarakan kegiatan rapat.
Rapat Validasi Data Profil Kesehatan yang  dilaksanakan hari ini, rencananya akan selesai pada hari Rabu 1 April 2015.
Adapun peserta yang diundang adalah para pengelola data dari PMK, Kesga dan Gizi, UPK, Sekretariat, Promkes  dan Surveilans.
Kegiatan rapat berlangsung sangat alot membicarakan tentang kendala ketersediaan data di tiap program yang setiap tahun sama problemnya. sehingga perlu perumusan cara agar data kesehatan yang diperlukan dapat tersedia secara valid, tepat waktu dan dapat diakses oleh semua masyarakat.
Dalam kegiatan rapat inipun, dilakukan desk data. di mana data yang ada di setiap program dibanding-bandingkan dengan data yang diperoleh melalui upaya pengumpulan data. Memang banyak sekali data yang berbeda, oleh sebab itu perlu adanya kegiatan validasi data, seperti yang dilakukan saat ini. 
Melalui kegiatan rapat ini, kiranya peserta dapat memberi aspirasi yang baik serta maksimal dalam pengumpulan data kesehatan demi menghasilkan profil kesehatan Prov Sulut tahun 2014 yang baik. Demikian disampaikan oleh Kepala Balai Data, Surveilans Dan SIK Dinkes Prov Sulut: dr Kartika Devi Tanos melalui  kepala seksinya. :Tinny F Sambeka, SKM MARS selaku Kepala Seksi Data dan SIK.

27 March, 2015
MEMASUKI HARI KE-3 PERTEMUAN KOORDINASI PENANGGULANGAN PENYAKIT POTENSIAL KLB

MEMASUKI HARI KE-3 PERTEMUAN KOORDINASI PENANGGULANGAN PENYAKIT POTENSIAL KLB

Pertemuan Koordinasi Penanggulangan Penyakit Potensial KLB yang digelar oleh Seksi Suirveilans dan Litbangkes ditutup kegiatannya hari ini. 
Kegiatan pertemuan ini ditutup oleh Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sulut. dr Liesje G. Punuh, MKes, setelah beberapa materi untuk  hari ini telah dipaparkan diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan RTL (Rencana Tindak Lanjut) 
Dalam sambutannya, Kepala Dinas menyatakan bahwa Provinsi Sulawesi Utara masih berstatus KLB untuk kasus Penyakit DBD. Harapannya dalam waktu dekat ini status KLB itu dapat segera dicabut. Tentunya sangat membutuhkan peran semua insan kesehatan tapi juga dengan sektor terkait lainnya, seperti yang baru-baru dilakukan oleh Dinas Kesehatan bersama Dinas Pendidikan.
Melalui pertemuan ini, diharapkan  semua materi yang telah diperolah dapat diimplementasikan kepada masyarakat di daerah masing-masing terutama mengenai penyakit-penyakit  yang potensial terjadi KLB agar dapat sesegera mungkin  mengatasi masalah penyakit tersebut.
Di sela sambutannya, Kepala Dinas juga menyinggung tentang program Kemenkes "Nusantara Sehat" dan menginformasikan tentang pelaksanaan Rakerkesda yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 27-28 April 2015 yang akan dihadiri oleh Ibu Menteri Kesehatan. 
Kepala dinas juga menyinggung tentang sistem regionalisasi rujukan dan pelaksanaan SDG's.
Di akhir sambutannya, Kepala Dinas meminta maaf karena tempat kegiatannya hanya bisa dilaksanakan di kantor,dengan fasilitas apa adanya karena sesuai dengan upaya efisiensi. 


26 March, 2015
PERTEMUAN KOORDINASI PENANGGULANGAN PENYAKIT POTENSIAL KLB

PERTEMUAN KOORDINASI PENANGGULANGAN PENYAKIT POTENSIAL KLB


FOTO BERSAMA NARA SUMBER DAN PESERTA PERTEMUAN KOORDINASI PENANGGULANGAN PENYAKIT POTENSIAL KLB DI UPTD BDSSIK


Kegiatan yang digelar oleh Seksi Surveilans dan Litbangkes sejak kemarin ini, sudah memasuki hari kedua. acara ini telah dibuka oleh kepala Dinas Kesehatan Prov Sulut yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Bpk Drs  Djony Matali, Apt.
Hari ini kegiatan diisi oleh wakil dari Kementerian Kesehatan RI : Subdit Surveilans dan Respons KLB : Bpk  Gunawan Wahyu Nugroho, SKM. MKM yang memberi materi  mengenai UU kesehatan khususnya SKD KLB (Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon Kejadian Luar Biasa) dan IHR ( International Health Regulation) dilanjutkan dengan tanya jawab dengan peserta pertemuan yang terdiri dari  Kepala Bidang dan Kapala seksi yang menangani surveilans dari 15  kabupaten/kota. serta bidang terkait di lingkungan Dinas Kesehatan Prov Sulut, bebarapa Rumah sakit serta perwakilan UPT Pusat yang ada di daerah seperti BTKL, KKP dan RS Pusat Prof DR. RD Kandow.
Materi selanjutnya disampaikan oleh Kepala Balai Data, Surveilans dan SIK yang diwakili oleh Kepala Seksi Surveilans dan Litbangkes : Ibu Merry Pasorong, SKM MKes yang membawakan materi ttg Permenkes 1501 tahun 2010, dilanjutkan dengan  materi  SKD MERS-Cov yang kembali dibawakan oleh wakil dari  Subdit Surveilans dan KLB:  IbuRosmaniar, SKep MKes.
Kegiatan pertemuan hari ke dua ini  diakhiri dengan materi tentang SKD- Japanesse Encephalitis oleh dr Grace Liando MA, selaku PKP PD3I.

25 March, 2015
no image

KUNJUNGAN TIM KEMENTERIAN KESEHATAN DALAM RANGKA ASSESMENT LABORATORIUM KULTUR TB DI BPPK DINKES

Hari ini,  Dinas Kesehatan Prov. Sulut. mendapat kunjungan dari Tim Kementerian kesehatan
Tim yang dipimpin oleh dr Endang Lukitosari dari Subdit TB ini terdiri dari : Subdit Mikrobiologi dan Imuniologi Ditjen BPPM : dr Ferdinandus Kandouw ; Konsultan Arsitek ; Rika Sjoekri, dari PT Trisakti Mekar Mandiri : Bpk Harry dan dari Biosafety lab expert : Wanny Basuki PhD .
Kegiatan kunjungan ini telah dilaksanakan sejak hari Senin tanggal 23 Maret 2015 dalam rangka assesment renovasi Poli TB MDR dan Rawat Inap di Rumah Sakit Prof R.D Kandou serta assesment renovasi laboratorium Kultur TB d Balai Penunjang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Prov. Sulut.



PERSIAPAN PERTEMUAN KOORDINASI PENYAKIT POTENSIAL KLB YANG DIGELAR OLEH SEKSI DATA DAN LITBANGKES

PERSIAPAN PERTEMUAN KOORDINASI PENYAKIT POTENSIAL KLB YANG DIGELAR OLEH SEKSI DATA DAN LITBANGKES






Balai Data, Surveilans dan Sistem Informasi Kesehatan dengan salah satu seksinya yakni Seksi Surveilans dan Litbangkes pagi ini sibuk menyiapkan ruangan pertemuan untuk kegiatan Pertemuan Koordinasi Penyakit Potensial KLB. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan mulai hari ini, Rabu 25 Maret 2015 sampai dengan  hari Jumat tanggal 27 Maret 2015 di ruang rapat Balai Data, Surveilans Dan SIK.
Adapun yang akan menjadi narasumber kegiatan ini adalah  dari Sub dit Surveilans dan Respon KLB, Ditjen P2PL Kementerian kesehatan RI, dari Bidang PMK serta dari Balai Data, Surveilans dan SIK. 
Peserta yang diundang dalam pertemuan ini adalah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/kota, Kepala BTKL PPM Manado, Kepala KKP Manado, Direktur RSUP Prof DR. R.D. Kandou, Direktur RS Siloam Kepala Bidang PMK Dinkes Sulut, Kepala Bidang Promkes Dinkes Prov Sulut serta kepala UPTD balai Penunjang Plelayanan Kesehatan Dinkes Prov Sulut. 
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Penguatan peran dan fungsi surveilans untuk penanggulangan masalah kesehatan secara umum dan Kejadian Luar Biasa (KLB) atau wabah secara khusus.
Begitu pentingnya pertemuan ini, maka diharapkan akan berjalan sesuai harapan, demikian ditandaskan Kepala seksi Surveilans dan Litbangkes UPTD BDSSIK : Merry Pasorong, SKM MKes.


By : TS


23 March, 2015

 Perkembangan Terakhir Kasus Demam berdarah 

di Sulawesi Utara Per 23 Maret 2015 jam 15.15


Penyakit yang  memprihatinkan bagi masyarakat Sulut sejak memasuki tahun 2015 yakni penyakit Demam berdarah Dengue (DBD) terus dipantau perkembangannya.
Menurut data terakhir yang diperoleh dari Seksi Surveilans dan Litbangkes UPTD Balai Data, Surveilans dan SIK Dinkes Prov Sulut, angka kumulatif kasus DBD Maret 2015 sampai dengan tgl 23 Maret 2015 Pukul 15.15 adalah 52 kasus penyakit dengan 4 di antaranya meninggal. adapun kasus DBD tertinggi masih di Kota Manado yakni 17 kasus penyakit dengan 1 kematian, selanjutnya diikuti oleh Kota Kotamobagu dengan jumlah kasus penyakit 8, kemudian Kota Bitung dengan  6 kasus penyakit dan 1 yang meninggal. Kota Tomohon juga 6 kasus  sama dengan  Minsel  juga 6 kasus, sementara  Sitaro dan Minahasa masing-masing  3 kasus penyakit dan untuk Bolmong 1 kasus penyakit. Untuk Boltim, Mitra, Bolmut Sangihe, Talaud dan Bolsel sampai jam ini tidak ada. 
 Kegiatan Verivikasi Rumor Kasus DBD oleh Seksi Surveilans dan Litbangkes UPTD BDSSIK di Minahasa
 Salah Satu Sumber Air Minum Masyarakat yang Kemungkinan Ada Jentik DBD
Kegiatan Fogging di Salah Satu Pemukiman

Dalam penyampaiannya di apel kerja Dinas kesehatan Prov Sulut tadi pagi Sekretaris Dinas : Bpk Drs John Matali berharap kasus penyakit ini akan segera menurun seiring berubahnya cuaca, sambil semua aparat kesehatan tetap terus waspada.
09 March, 2015
Copyright © 2013 Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara All Right Reserved by datalinkDigital