Berita Terbaru
Loading...
21 March, 2016

INFO PIN POLIO DAN DBD DI SULAWESI UTARA.

Salah satu kegiatan rutin Dinkes Prov. Sulut  adalah apel kerja yang dilaksanakan setiap hari. Pagi hari ini apel kerja  dipimpin oleh Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sulut : dr Jemmy J.R Lampus MKes.

Dalam penyampaiannya, Kadis menyampaikan tentang apresiasinya terhadap pelaksanaan PIN Polio di Prov Sulut, di mana kegiatan PIN berakhir dengan prosentasi riil jumlah anak yang mendapat imunisasi polio di provinsi Sulut mencapai lebih dari 100%. walaupun menurut data  pusdatin masih belum mencapai target sasaran nasional yakni di atas 95%. Namun demikian menurut Kadis semua personil kesehatan di tgkt kabupaten/kota telah melaksanakan tugas PIN Polio dengan sangat baik. Harapannya daerah ini terproteksi terhadap penyakit polio ini.

Selain mengapresiasi pelaksanaan PIN Polio, Kadis juga menyampaikan tentang perkembangan penyakit DBD di Prov. Sulut, di mana sampai hari ini telah bertambah 1 kasus kematian di kota Manado. dengan demikian angka kematian akibat DBD di prov Sulut sampai saat ini
adalah sebanyak 5 kasus, dengan 4 kasus di Manado dan 1 kasus di kabupaten Bolaang Mongondow.
Di tempat terpisah,  Kepala Seksi Surveilans dan Litbangkes, Merry Pasorong, MKes mengatakan bahwa trend kasus DBD dari Januari sampai dengan Maret 2016 (tgl 20 Maret) mulai turun, tetapi tingkat kewaspadaan dan kesiapsiagaan untuk pencegahan dan penanggulangan DBD di masyarakat harus terus ditingkatkan, mengingat angka kasus kematian tersebut. Sedangkan data jumlah  kasus penyakit  DBD secara keseluruhan sejak Januari sampai dengan tanggal 20 Maret 2016 adalah : 728 kasus. Merry menambahkan bahwa harus selalu diingatkan kepada masyarakat untuk terus meningkatkan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dengan 3M plus dan segera membawa pasien ke unit pelayanan kesehatan seperti rumah sakit agar pasien segera mendapat tindakan sesuai tata laksana kasus di rumah sakit sehingga pasien terhindar dari shock akibat DBD.

by : tfs

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Copyright © 2013 Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara All Right Reserved by datalinkDigital