Berita Terbaru
Loading...
11 March, 2016

RAKERKESDA PROVINSI SULUT H-2

Pelaksanaan Rapat Kerja Kesehatan Daerah Prov. Sulut tahun 2016 yang digelar di Novotel Gran Kawanua, Manado memasuki hari ke-2.
Kegiatan diawali dengan Pemaparan Materi oleh 3 orang Narasumber.  Materi Pertama oleh dr Eka Viora, Sp KJ (Direktur Mutu dan Akreditasi Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI), Materi ke dua oleh DR. dr Alda Manapiring, MKes (fakultas Kedokteran Unsrat) dengan materi : "Obesitas dan Gangguan Metabolik Pada Remaja" dan Materi yang ketiga dipaparkan oleh : Boyke Purba SKM MKes (Poltekes Manado) dengan materi : "Hasil Pemantauan Status Gizi Prov. Sulut Tahun 2015"
selanjutnya diskusi panel.
Setelah makan siang kegiatan dilanjutkan dengan sidang Komisi yang dibagi dalam 5 komisi (komisi A-E). di mana komisi A membahas tentang 1. Penguatan Puskesmas dalam mendukung upaya promotif dan preventif  guna terimplementasinya pendekatan keluarga dalam pembangunan.kesehatan, dan 2. Penguatan peran lintas sektor secara terintegrasi untuk mendukung gerakan masyarakat sehat. Komisi ini diketuai oleh Kadis Kes Kabupaten Minahasa Tenggara.


Komisi B membahas tentang : 1. Upaya Pencapaian target akreditasi Puskesmas; 2. Mendukung pelaksanaan JKN dengan mempersiapkan fasilitas kesehatan yang bermutu. Komisi ini diketuai oleh Kepala Dinkes Kab. Bolmut.
Komisi C membahas tentang Pengendalian dan peningkatan kewaspadaaan penyakit serta penanggulangan resiko KLB. Komisi ini diketuai oleh Kepala Dinas Kesehatan Minahasa Utara.




 
Komisi D membahas tentang : 1. Pemenuhan, pemerataan, retensi dan pendayagunaan SDM kesehatan untuk mendukung Primary Health Care dan pelayanan Kesehatan RS, 2. Sinkronisasi dan integrasi SDK termasuk anggaran antar pusat dan daerah dalam mendukung pencapaian target2 pembangunan kesehatan, 3. Kesiapan bidang kesehatan dalam penertiban tenaga kesehatan WNA dalam pelayanan kesehatan. Komisi ini diketuai oleh Kadis Kes Kab. Kep Sangihe.



 Komisi E membahas tentang 1. Sinkronisasi SOTK Kemenkes  dengan SOTK Dinkes Prov / kab/kota, terkait dengan UU no 23 Tahun 2014. 2. Pengawalan penggunaan pelaksanaan anggaran DAK bidang kesehatan baik fisik maupun non fisik tahun 2016 termasuk penguatan monev dan pelaporannya. komisi ini diketuai oleh Kadis Kes Kota Manado






0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Copyright © 2013 Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara All Right Reserved by datalinkDigital