Berita Terbaru
Loading...
10 June, 2016

PEMUTAKHIRAN DAN ANALISIS DATA TINGKAT PROVINSI TAHAP II

UPTD Balai Data, Surveilans dan SIK Dinkes Prov. Sulut kembali menggelar acara pertemuam Pemutakhiran dan Analisis Data Tingkat Provinsi yang memasuki tahap II.


Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengvalidasi data kesehatan tahun 2015 terkait pembuatan profil kesehatan tahun tersebut, di mana  data yang diperoleh dari kabupaten/kota melalui profil yang telah jadi, diferifikasi bersama data yang bersumber pada data  program di lingkungan dinas kesehatan provinsi. hal ini bertujuan agar data yang dihasilkan akurat, valid dan dapat dipertanggungjawabkan serta menghasilkan profil kesehatan tahun 2015 yang baik.
Kegiatan ini telah dilaksanakan sebelumnya yakni pada bulan Maret 2016, namun belum semua data kesehatan dari kabupaten/kota masuk. Dengan demikian pertemuan yang ke 2 ini diharapkan semua data telah masuk dan siap untuk dianalisis dalam buku profil.
Kegiatan pertemuan ini dilaksanakan di hotel Ibis, Boulevard Manado dari tanggal 7 sampai dengan tanggal 9 Juni 2016. kegiatan yang dihadiri oleh para pengelola data dan SIK dari 15 kabupaten/kota, masing masing 2 orang dan juga menghadirkan para pemegang program di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Sulut. 
Pada acara pembukaan yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sulut dr Jemmy R. Lampus, MKes dilakukan lounching aplikasi berbasis web yang digagas oleh Seksi Data dan SIK Dinkes Prov Sulut dibawa bimbingan Kepala Balai Data Surveilans dan SIK : dr Kartika Devi Tanos. Aplikasi ini diberi nama "Aplikas Bank Data". Melalui aplikasi ini, semua data yang bersumber dari program  di lingkungan Dinkes Prov Sulut dapat langsung dientri ke aplikasi ini, sehingga benar2 pengelolaan data di provinsi Sulut dapat terintegrasi.




Kegiatan ditutup pada hari Kamis tanggal 9 Juni 2016 oleh ibu Kepala Balai Data ; dr Kartika D. Tanos dengan memberi motifasi kepada smua pengelola SIK kab/kota supaya lebih intens mengelola data agar menghasilkan data-data yang dapat dijadikan sebagai bahan pengambilan keputusan yang baik di tingkat puskesmas, kabupaten/kota, provinsi sampai ke tingkat pusat. (tfs)

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Copyright © 2013 Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara All Right Reserved by datalinkDigital