Berita Terbaru
Loading...
09 September, 2016

SOSIALISASI PENGELOLAAN DATA DAN SIK DI KABUPATEN/KOTA 

Kegiatan sosialisasi Pengelolaan Data dan SIK di Kabupaten/Kota yang diprogramkan oleh UPTD Balai Data, Surveilans Dan SIK Dinkes Provinsi Sulawesi Utara, kemarin hari sukses  dilaksanakan di Kabupaten Minahasa. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari yakni tanggal 7-8 September 2016 yang bertempat di kantor kecamatan Langowan Barat menghadirkan para tokoh-tokoh masyarakat seperti camat, ketua tim penggerak PKK kecamatan, hukum tua, Kepala-kepala Puskesmas dan  kader kesehatan di Langowan Raya. 




Kegiatan sosialisasi pengelolaan data dan SIK ini telah dilaksanakan di 3 kabupaten/kota sebelumnya yaitu di kabupaten Minahasa Tenggara, kabupaten Kepulauan Talaud dan Kabupaten Bolaang Mongondow.  dengan tujuan agar masyarakat dan pemerintah dapat memahami pengelolaan data kesehatan serta berpartisipasi dalam menunjang terselenggaranya sistem informasi kesehatan yang akurat, valid dan tepat sehingga  dapat dimanfaatkan   sebagai bahan pengambilan keputusan di bidang kesehatan namun juga di bidang terkait lainnya demi tercapainya desa/kelurahan yang sehat, kecamatan yang sehat, kbupaten sehat, provinsi sehat dan pasti negara yang  sehat.


Setelah dilaksanakan di Kabupaten Minahasa, kegiatan yang sama akan dilaksanakan di kabupaten BolaangMongondow Timur, Kota Tomohon, Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara sesuai dengan arus anggaran yang ditetapkan dalam DPA UPTD. 
Kegiatan sosialisasi ini sangat dirindukan oleh para tokoh masyarakat dan masyarakat yang ada. Bagi mereka kegiatan ini bukan saja mendekatkan petugas kesehatan dengan masyarakat di kala sehat, namun juga menambah wawasan masyarakat terhadap informasi kesehatan yang selama ini kurang dipahami dan memberi pengertian akan ekksistensi masyarakat dalam berkontribusi  terhadap pembangunan khususnya pembangunan kesehatan.  sehingga mereka berharap bahwa kegiatan yang seperti ini akan terus dilanjutkan. 
Dalam DPA UPTD BDSSIK tahun 2016 ini, hanya bisa menganggarkan kegiatan ini untuk 8 kabupaten/kota, itupun hanya bisa menghadirakan bebarapa kecamatan dalam satu kabupaten/kota dengan harapan, yang telah mendapatkan sosialisasi, dapat membagi dengan mereka yang tak dapat dijangkau. Hal ini disebabkan  karena keterbatasan anggaran yang dipagu untuk UPTD BDSSIK. sedangkan untuk 7 kabupaten kota lainnya diharapkan dapat ditata dalam anggaran APBD P tahun 2016 atau dalam DPA tahun selanjutnya. 



By : tfs

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Copyright © 2013 Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara All Right Reserved by datalinkDigital