Visitasi Calon Wahana PIDI oleh Ketua KIDI Pusat di Sulawesi Utara

124

Bertempat di Aula RSK Gunung Maria, pada hari Selasa 24 April 2018 menerima kunjungan dari Ketua Komite Internship Dokter Indonesia (KIDI) Pusat dr. Robby Pattiselanno, MARS yang didampingi dr. Luisa Pongajow, M.Kes (Sekretaris Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara) dan dr. Deesje Liuw, M.Biomed (Kepala Dinas Kesehatan Kota Tomohon) dalam rangka visitasi calon wahana PIDI (Program Internship Dokter Indonesia) yang baru di Kota Tomohon, yaitu RSK Gunung Maria dan Puskesmas Matani. Sebelumnya Kota Tomohon memiliki 1 wahana Rumah Sakit, yaitu RS GMIM Bethesda dan 1 wahana Puskesmas yaitu Puskesmas Kakaskasen .

Dasar penyelenggaraan program internsip dokter di Indonesia adalah Peraturan Menteri kesehatan Republik Indonesia No.299/Menkes/Per/II/2010 tentang Penyelengaraan Program Internsip dan Penempatan Dokter Pasca Internsip. Konsil Kedokteran Indonesia telah menerbitkan Peraturan Konsil Kedokteran Indonesia No. 1/KKI/Per/2010 tentang Registasi Dokter Program Internsip. Komite Internsip Dokter Indonesia sebagai Pelaksana Program Internsip Dokter telah diangkat dan ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 138/Menkes/SK/I/2011 tentang Komite Internsip Dokter Indonesia. Pada Tahun 2013, legal aspek pelaksanaan PIDI diperkuat dengan ditetapkannya Undang-Undang No.20 tentang Pendidikan Kedokteran.

Internship merupakan suatu program magang bagi dokter yang baru menyelesaikan masa pendidikan profesi, dengan tujuan  untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan. Peserta program Internsip adalah dokter yang telah lulus program studi pendidikan dokter dan telah lulus uji kompetensi dengan jangka waktu pelaksanaan program internsip dilaksanakan dalam kurun satu tahun.

Meninjau pelayanan calon wahana intersip bagian rawat inap RSK Gunung Maria

print