Hari Gizi Nasional Ke-59 Tingkatkan GERMAS, Cerminan Generasi Bangsa Sehat dan Berkualitas

138
Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara dr. Debie Kalalo, MSc.PH Hari Gizi Nasional (HGN) yang Ke-59 Tahun 2019 "Hari Gizi Nasional dapat meningkatkan komitmen dan mempererat kolaborasi seluruh elemen lintas program dan lintas sektor untuk bekerja bersama membangun gizi dalam upaya mencegah stunting demi bangsa Indonesia dan Sulawesi Utara yang sehat dan berkualitas.

Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-59 harus dijadikan sebagai momentum meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mencegah meningkatnya penyakit tidak menular dan pencegahan Stunting. Selain itu, perlu menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak dalam membangun gizi bangsa.

Membuka kegiatan Hari Gizi Nasional yang ke-59  dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara dr.Debie Kalalo, MSc.PH menyampaikam bahwa “Peringatan Hari Gizi harusnya tidak ada limit, tapi dilaksanakan secara terus-menerus, hal tersebut dikarenalan saat ini Sulawesi utara berhadapan dengan masalah gizi; baik gizi lebih, gizi kurang termasuk stunting serta Penyakit Tidak Menular (PTM) yang tinggi di Sulawesi Utara seperti: Hipertensi dan Diabetes Melitus sehingga perlu diantisipasi dari sekarang, baik lintas sektor dan lintas program. Yang terutama Hari Gizi Nasional bukan hanya milik Promosi Kesehatan (Promkes), PTM (dalam Bidang P2P) tetapi semua lintas program yang ada  bersatu padu dalam meningkatkan gizi masyarakat”.

Permasalahan gizi saat ini gizi kurang (termasuk stunting) dan gizi lebih terjadi hampir diseluruh strata ekonomi masyarakat baik dipedesaan maupun diperkotaan. Hal ini menunjukan bahwa yang mendasari terjadinya maslah gizi tersebut bukan hanya kemiskinan namun kurangnya pengetahuan masyarakat akan pola hidup sehat dan pemenuhan gizi yang optimal. Oleh karena itu perlu upaya intervensi gizi dari semua sektor terkait sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Presiden No. 42 Tahun 2013 tentang Gerakan Nasional Percepatan Gizi serta Inpres No. 1 tahun 2017 yang diperkuat  dengan Peraturan Gubernur Sulawesi Utara No. 76 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) melalui Percepatan penurunan stunting dan berbagai masalah gizi lainnya.

Sejalan dengan upaya tersebut, Hari Gizi Nasional (HGN) yang di peringati hari ini (25/01/2019) dengan tema “Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat berprestasi” dan slogan “ Gizi Seimbang, Prestasi Gemilang” merupakan bagian penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi melalui gizi seimbang dan produksi pangan berkelanjutan.

Mengakhiri sambutannya Kepala Dinas mengucapkan selamat memperingati Hari Gizi Nasional Ke-59 tahun 2019 dan kiranya moment ini dapat meningkatkan komitmen dan mempererat kolaborasi seluruh elemen lintas program dan lintas sektor untuk bekerja bersama membangun gizi dalam upaya mencegah stunting demi bangsa Indonesia dan Silawesi utara yang sehat dan berkualitas.

Dalam memeriahkan Hari Gizi Nasional yang ke-59 tahun 2019 Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, yang diprakarsai oleh Bidang Kesehatan Masyarakat di bawah pimpinan dr.Rima Lolong, M.Kes melaksankan berbagai kegiatan sejak hari ini (25/1/ 2019) yang di buka dengan Senam Bersama di halaman Dinas Kesehatan Daerah Sulawesi Utara, Makan Buah bersama serta Doorprize dan pembagian Thumbler/tempat air minum kepada seluruh pegawai yang ada di lingkungan Dinas Kesehataan Daerah Sulawesi Utara sebagai suatu upaya dalam mendukung Program pemerintah dalam mengurangi sampah plastik. Kegiatan akan dilaksanakan sampai minggu kedua bulan Februari, dengan beberapa agenda kegiatan, seperti Pengukuran tinggi Badan, Lingkar Perut, Konseling Gizi, Wisuda ASI eksklusif, Doorprize, penyuluhan dan pembagian brosur kepada masyarakat.

Demo Teknologi Tepat Guna Lavi Trap
Demo Teknologi Tepat Guna Lavi Trap

Pada kegiatan Hari Gizi Nasional tahun ini juga dilakukan demo Teknologi Tepat Guna (TTG) dari Bidang P2P oleh Kepala Bidang P2P dan Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi yaitu Pembuatan Lavi Trap atau Perangkap Untuk Larva Nyamuk; metode ini merupakan salah satu upaya untuk menekan populasi nyamuk dewasa, sangat murah dan mudah untuk dibuat dan dapat di aplikasikan di rumah tangga. Mengingat kasus Demam Berdarah di Provinsi Sulawesi Utara saat ini kasusnya menurun lambat.

 

SELAMAT HARI GIZI NASIONAL KE-59

“GIZI SEIMBANG, PRESTASI GEMILANG”

 

 

Creat by: Humas Dinkesda Prov. Sulut

Editor : Sekretaris Dinkesda Prov. Sulut

#SulutSehat #SulutHebat

print