Kualitas dan Manfaat Data, Dasar Perencanaan Program Pembangunan dan Peningkatan Pelayanan Kesehatan

280
Pembukaan Pertemuan Pengelolaan Data Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara Arya Duta Hotel, Manado 20-22 Maret 2019

Data dan informasi merupakan sumber daya yang sangat strategis bagi pimpinan dan organisasi dalam penyelengaraan manajemen yaitu sebagai masukan dalam penyelenggaraan manajemen dan proses pengambilan keputusan mulai dari tahap penyusunan rencana, penggerakan pelaksanaan, monitoring, sampai dengan evaluasi.

Mengingat pentingnya peran data dan informasi sebagai dasar penyelenggaraan manajemen dan proses pengambilan keputusan,  Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara menyelenggarakan Pertemuan Pengelolaan Data Kesehatan Tingkat  Provinsi Sulawesi Utara, adapun kegiatan tersebut dimulai sejak tanggal 20-22 Maret 2019 bertempat di Hotel Arya Duta Manado.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Pengelola Data dari 15 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sulawesi Utara, Pengelola Program pada masing-masing bidang ( Bidang Kesmas, Bidan Pelayanan Kesehatan, Bidang SDMK dan Farmalkes dan Bidang P2P) yang ada di Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara serta Pelaksana Bidang Sekretariat Sub bagian Perencanaan dan Keuangan Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Dalam kegiatan tersebut peserta di bekali dengan beberapa materi terkait kebijakan Penguatan Sistem Informasi Kesehatan, dengan narasumber dari Kementrian Kesehatan RI maupun dari Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, dr. Debie K.R. Kalalo, MSc.PH yang berkesempatan hadir pada acara tersebut, secara resmi membuka Pertemuan Pengelolaan Data Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara. Dalam sambutannya, Kepala Dinas mengatakan “Data merupakan dasar perencanaan pembangunan kesehatan dan berfungsi bagi proses pengambilan keputusan, tanpa data tidak bisa membuat perencanaan program”.

Pemerintah telah mengamanatkan dalam UU No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan bahwa untuk menyelenggarakan upaya kesehatan yang efektif dan efisien diperlukan informasi kesehatan (pasal 168) maka keluarlah Peraturan Pemerintah tentang Sistem Informasi Kesehatan (PP No. 46 tahun 2014). Hal ini menjadi dasar hukum bagi pelaksanaan Sistem Infomasi Kesehatan di Indonesia.

Di era sekarang ini, kebutuhan terhadap data dan informasi kesehatan yang akurat dan lengkap dengan akses yang cepat  dan mudah semakin meningkat. Dengan demikian diperlukan keterpaduan Sistem Informasi Kesehatan secara nasional dari tingkat Provinsi, Kabupaten/kota bahkan di sarana Pelayanan Kesehatan dasar dan Lanjutan serta dari masyarakat.

Buku profil kesehatan sebagai salah satu alat publikasi data dan informasi  diharapkan dapat menyediakan data yang  mendukung pengambilan keputusan baik di daerah maupun di pusat.  Selain itu  profil kesehatan nasional idealnya merupakan rangkuman  terhadap profil kesehatan provinsi, dan profil kesehatan provinsi idealnya adalah merupakan rangkuman terhadap profil kesehatan kabupaten/kota dan selanjutnya profil kesehatan kab/kota idealnya adalah merupakan rangkuman dari profil puskesmas.

Untuk itu diperlukan pengumpulan data dan informasi kesehatan yang dilaksanakan mulai dari tingkat puskesmas hingga ke pusat. Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI telah mengembangkan komunikasi data online yang diharapkan dapat menyediakan akses yang lebih cepat dalam pengumpulan dan penyediaan data bagi berbagai pihak  yang berkepentingan baik di pusat maupun di daerah.

Oleh karena itu dalam rangka penyusunan buku profil kesehatan provinsi perlu dilakukan pertemuan untuk menghimpun data dari berbagai sumber serta mengidentifikasi permasalahan mengenai pengolahan data /informasi dan mencari upaya mengatasi masalah yang ada. Tersedianya data secara tepat waktu agar bisa dilakukan analisa lebih dini, sehingga dapat dirangkum menjadi satu informasi yang bernilai guna, dan tersusunnya Profil Kesehatan dengan data yang berkualitas.

Mengakhiri sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Daerah provinsi Saulawesi Utara dr. Debie K.R. Kalalo, MSc.PH, mengajak seluruh peserta  untuk tekun dan berkomitmen dalam peningkatan kualitas data. Komunikasi yang baik antara Puskesmas dan Kabupaten, Kabupaten dan Provinsi sehingga dapat bersinergi dengan baik untuk tersedianya data yang berkualitas dan bergandengan tangan dalam meningkatkan pelayanan serta derajat kesehatan masyarakat dan meningkatkan program bersama untuk Sulawesi Utara yang lebih Sehat dan berkualitas.

 

 

 

Created by : Humas Dinkesda Sulut

Editor       : Sekretaris Dinkesda Sulut

 

print