Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara Berinovasi Luncurkan Layanan Public Safety Center (PSC 119)

24
Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Sekretaris Daerah Edwin Silangen, dan ketua DPR Prov. Sulawesi Utara Melaunching Layanan Public Safety Center (PSC 119)

Layanan Publik merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk lebih mengetahui, mengenal dan dekat dengan masyarakat. Di era digital dan memasuki Revolusi Industri 4.0 saat ini berbagai upaya dan inovasi dibuat untuk meningkatkan layanan yang cepat dan tepat kepada masyarakat, terutama dalam bidang kesehatan.

Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara dibawah pimpinan dr. Debie K.R.Kalalo, M.Sc.PH berinovasi dengan membuat suatu layanan publik yang dapat di akses oleh seluruh elemen masyarakat, layanan tersebut adalah Public Safety Center 119 atau disingkat PSC 119. Layanan PSC 119 ini merupakan Layanan Cepat Tanggap Darurat Kesehatan, yang terintegrasi dengan seluruh layanan Emergency di 15 Kabupaten/Kota.

PSC 119

Untuk Pertama kalinya di Sulawesi Utara layanan Publik PSC 119 ini dilaunching pada saat HUT Provinsi Sulawesi Utara Ke-55 yang diselenggarakan di Lapangan Robert Wolter Monginsidi Manado, Senin (23/9/2019)

Pada saat launching Gubernur Olly Dondokambey mengatakan, layanan PSC 119 merupakan inovasi yang baik dalam pelayanan kepada masyarakat serta menunjang pariwisata.

Simulasi Penanganan Tanggapa Darurat Oleh Tim PSC 119 Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara
Simulasi Penanganan Tanggap Darurat Oleh Tim PSC 119 Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara

PSC 119 dibentuk untuk membantu penangan kesehatan terhadap masyarakat yang tidak hanya berhubungan dengan kecelakaan tetapi juga dalam situasi kritis dan mempercepat penanganan dan pertolongan pada korban yang membutuhkan penanganan segera.

Hal yang sama di paparkan pula oleh Kepala Dinas Kesehatan Daerah Prov. Sulut dr. Debie Kalalo menjelaskan, layanan ini berbasis telepon 119, yang kemudian akan diterima oleh petugas kesehatan terlatih yang akan membantu masyarakat memberikan akses layanan emergency maupun evakuasi medis dengan ambulans bila diperlukan. Layanan ini dapat diakses 1×24 jam selama 7 hari seminggu.

Layanan  PSC 119 merupakan upaya untuk menopang pembangunan sektor kepariwisataan di Sulut, karena telah dinyatakan sebagai daerah super prioritas dalam pengembangan kepariwisatan oleh Presiden Joko Widodo,  “Sehingga  Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw kemudian menginstruksikan semua sektor menopang kebijakan ini, dan Dinas Kesehatan Daerah provinsi Sulawesi Utara sendiri menginterpretasikan dukungan ini lewat layanan PSC 119, ujar Kepala Dinas Kesehatan Daerah Prov. Sulut dr. Debie Kalalo.

Diakhir wawancara Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara mengatakan “Semoga dengan dilaunchingnya layanan ini, kita makin dekat dengan cita-cita kita yakni Sulut Sehat dan Sulut Hebat.”

 

By: Humas Dinkesda Sulut

print