BLKD Sulut Terima Tim Surveyor Kemenkes RI

16
Kadis Kesehatan Sulut dr Debie Kalalo MSc PH membuka kegiatan survey akreditasi.
MANADO-Balai Laboratorium Kesehatan Daerah (BLKD) Provinsi Sulawesi Utara disambangi Tim Surveyor Kementerian Kesehatan RI.
Tim terdiri dari Dr dr Abas Suherli SpPK (K), drg Murni Kusmawati MM, dan Ni Wayan Yastini SSi.
Menurut Kadis Kesehatan Sulut dr Debie Kalalo MSc PH, kunjungan tersebut merupakan bagian survey penilaian akreditasi laboratorium kesehatan tahun 2020.
Kalalo berpesan kepada seluruh komponen BLKD Sulut dapat memantapkan diri baik dari segi kualitas SDM, ketersediaan peralatan dan implementasi kegiatan pemeriksaan laboratorium, sesuai pedoman Good Laboratory Practice.
“Ikuti survey penilaian akreditasi dengan sungguh-sungguh agar dapat memberikan hasil terbaik dan mampu mempertahankan akreditasi secara penuh pada 2020 nanti,” ujar Kalalo.
Dijelaskannya, BLKD Sulut pada 2015 sudah terakreditasi KALK dengan status “Akreditasi Penuh”.
Itu artinya, BLKD Sulut sudah mendapat pengakuan yang diberikan oleh badan independen yaitu Komisi Akreditasi Laboratorium Kesehatan yang bertanggung jawab kepada Menkes.
Dalam Kepmenkes 298 tentang pedoman akreditasi laboratorium, status akreditasi perlu ditinjau secara periodik.
Akreditasi laboratorium kesehatan akan sangat membantu laboratorium kesehatan memenuhi standar yang telah ditetapkan, sehingga mutu pelayanan dapat dipertanggungjawabkan.
Juga memberikan jaminan serta kepuasan kepada masyarakat atau pengguna jasa laboratorium karena pelayanan yang diperolehnya sudah sesuai standar penilaian Kementerian Kesehatan.
“Status akreditasi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat,” pungkasnya.

by : Harry p

Diambil dari sulutaktual.com

http://sulutaktual.com/2019/11/13/blkd-sulut-terima-tim-surveyor-kemenkes-ri/

print