TIPS MUDIK SEHAT, AMAN DAN SELAMAT

24
  1. Manfaat Mengkonsumsi Buah dan Sayuran Saat Mudik

Mengonsumsi buah-buahan segar nyatanya dapat mendistribusikan vitamin ke seluruh tubuh kita, sehingga saat kamu menghabiskan waktu yang cukup panjang di perjalanan menuju kampung halaman stamina kamu tetap terjaga. Jeruk dan papaya merupakan pilihan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C dan E. Vitamin tersebut sangat baik untuk kebutuhan vitamin sehari-hari dan dapat menjadi antioksidan untuk tubuh kamu saat perjalanan mudik.

Kamu juga bisa menyiapkan bekal semangka atau melon, lho. Kedua buah ini mengandung air yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk kamu dalam perjalanan agar terhindar dari dehidrasi. Sebagai pilihan lain, kamu bisa membawa pisang sebagai bekal kamu dalam perjalanan. Pisang mengandung kalium yang dapat menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

2. Batasi Barang Bawaan Anda

Saat mudik, kamu pasti membawa banyak barang kan? Mulai dari pakaian untuk beberapa hari hingga oleh-oleh buat sanak keluarga di kampung halaman. Iya kan?

Kebayang enggak ribetnya mudik dengan membawa banyak barang itu? Selain repot membawanya, perjalanan kamu juga akan kurang nyaman.

Solusi terbaiknya, sebaiknya barang bawaan untuk mudik nanti dikirim dari sekarang dengan menggunakan jasa pengiriman barang atau ekspedisi. Dengan begitu, saat mudik nanti kamu enggak perlu lagi repot-repot membawa banyak barang.

Saat berangkat mudik, kamu cukup membawa barang yang akan bermanfaat selama perjalanan. Misalnya pakaian ganti, keperluan si kecil, atau kebutuhan penting lainnya. Dengan cara begini, kamu bisa lebih nyaman saat perjalanan.

Sebaliknya, pakaian ganti yang jumlahnya banyak, oleh-oleh, atau barang lainnya, sudah tiba lebih dulu di kampung halaman jika dikirimkan dari sekarang. Begitu juga saat arus balik nanti, mengirimkan barang dari kampung halaman menggunakan jasa ekspedisi jadi solusi.

3. Membawa obat-Obatan pribadi saat Mudik.

Menjaga fisik tetap bugar dan fit selama perjalanan mudik Lebaran mutlak diperlukan. Perlengkapan berupa bekal obat-obatan perlu dibawa.

Jangan abaikan hal ini [membawa perbekalan obat]. Meski Anda merasa sehat dan prima, tetap siapkan obat-obatan pribadi yang kira-kira dibutuhkan selama perjalanan maupun di tempat tujuan.

4. Cek kesehatan sebelum mudik

pemeriksaan kesehatan wajib dilakukan sebelum Anda dan keluarga mudik ke kampung halaman, khususnya bagi Anda yang menjadi pengemudi. Sebab, melalui pemeriksaan kesehatan, dapat diketahui sejak dini penyakit apa saja yang sudah diderita dan apa saja kemungkinan yang dapat kambuh saat Anda mengemudi.

Pemeriksaan kesehatan yang umum dilakukan bagi pengemudi kendaraan bermotor, antara lain cek tekanan darah, cek kadar gula darah sewaktu, deteksi kadar alkohol dalam darah, sekaligus kadar amfetamin dalam urin.

Selain cek kesehatan seperti di atas, penumpang atau pengemudi terutama yang memiliki sejumlah faktor risiko, juga disarankan melakukan pemeriksaan jantung. Sebab, dalam sebuah perjalanan mudik, terkadang ada saja beberapa pemicu yang bikin penderita mengalami serangan jantung.

LAYANAN MASYARAKAT “DINAS KESEHATAN DAERAH PROVINSI SULAWESI UTARA”

LAYANAN CEPAT TANGGAP DARURAT KESEHATAN PSC 119

119

PELAYANAN INFORMASI PENGADUHAN HALO SEHAT

1500568

print