Perkembangan COVID-19 Sulut 17 Maret 2020

648
Tatap Muka Juru Bicara Covid-19 Provinsi Sulut dr. Steaven Dandel, MPH dengan Media didampingi Plt. Sekretaris Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terus berupaya maksimal dalam upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19 di Provinsi Sulawesi Utara.

Berikut langkah-langkah yang dilakukan Pemerintah pada hari selasa 17 maret terkait keterbukaan informasi serta upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19

  1. Juru Bicara Satgas COVID-19 Provinsi Sulawesi Utara dr. Steaven Dandel, MPH yang didampingi Plt. Sekretaris Dinas Kesehatan Daerah Provinsi dr. Rima Lolong, M.Kes memberikan klarifikasi terkait pasien positif Covid-19 yang ramai diperbincangkan dimedia social sejak sabtu 14 maret. Menegaskan dihadapan media pers lokal bahwa benar terdapat pasien konfirmasi COVID-19 pada 14 Maret 2020. Sampel yang bersangkutan dikirim ke Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan di Jakarta pada tanggal 10 Maret 2020 dan hasil pemeriksaan laboratoriumnya diperoleh pada 13 Maret 2020. Pengambilan sampel kedua yang dikirim tanggal 11 Maret 2020 dan diperoleh hasil pemeriksaan pada tanggal 15 maret 2020 yang menunjukkan hasil telah negatif. Konversi atau perubahan hasil laboratorium dari status positif Covid-19 menjadi negatif Covid-19 yang cepat disebabkan karena sebagian besar sakit yang dikarenakan virus dapat sembuh sendiri atau self limiting disease. Saat ini fokus dari perawatan pasien di rumah sakit adalah mengobati penyakit penyertanya yang cukup banyak, yakni gagal ginjal, diabetes dan hipertensi yang justru dapat membuat kondisi semakin berat. Walaupun hasil pemeriksaan kedua pada pasien tidak ditemukan adanya virus (negatif), namun belum bisa dikategorikan sembuh dikarenakan masih harus dilakukan serial pemeriksaan laboratorium yang sedang ditunggu hasilnya dan akan disampaikan apabila hasilnya telah diterima.
  2. Melakukan pertemuan bersama Forkompimda dalam rangka pembentukan gugus tugas pengendalian Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara yang diketuai oleh Sekretaris Daerah  Provinsi Sulawesi Utara Edwin Silangen, SE., MS dimana nantinya lembaga-lembaga terkait diharapkan dapat saling bersinergi bersama Pemerintah Daerah sesuai dengan bidang masing-masing dalam pengendalian Covid-19. Dalam pertemuan ini juga diputuskan untuk membentuk Media Center Covid-19 Pemerintah Provinsi sebagai pusat komunikasi dan informasi yang akan menyajikan berita untuk dibagikan kepada masyarakat sebagai bentuk keterbukaan informasi publik terkait Covid-19.
    Pertemuan bersama Forkompimda dalam rangka pembentukan gugus tugas pengendalian Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara yang diketuai oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Edwin Silangen, SE., MS
    Pertemuan bersama Forkompimda dalam rangka pembentukan gugus tugas pengendalian Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara

    3. Doa bersama di Kantor Gubernur pada pukul 12.00 yang dipimpin oleh Pdt. Dr. Hein Arina dan diikuti pimpinan umat agama lainnya untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar senantiasa memberkati setiap usaha yang dilakukan Pemerintah dalam mengawal kesehatan masyarakat terlebih kusus dari serangan Virus Covid-19, serta hendak terus senantiasa bersandar dan mengandalkan Tuhan. (fps)

Doa bersama di Kantor Gubernur pada pukul 12.00 yang dipimpin oleh Pdt. Dr. Hein Arina dan diikuti pimpinan umat agama lainnya.
Doa bersama di Kantor Gubernur pada pukul 12.00 yang dipimpin oleh Pdt. Dr. Hein Arina dan diikuti pimpinan umat agama lainnya.
print